Perusahaan manufaktur memiliki kerumitan dan membedakannya dengan jenis industry lainnya terkait dengan pemrosesan bahan baku menjadi barang jadi. Pemrosesan ini dikenal dengan nama proses produksi. Pengembangan software manufaktur sangat rumit terutama terkait dengan proses produksi tersebut. Kami sendiri baru bisa mengembangkan software manufaktur terintegrasi (ERP) hampir lebih dari 5 tahun. Kemudian juga, Perusahaan manufaktur sangat berkepentingan dengan kualitas barang yang dihasilkan. Belum lagi itu memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan oleh standar kualitas ISO.

PT. Gelora Niaga Plastik telah menggunakan software kami selama 5 tahun. Penambahan modul dilakukan secara bertahap. Setelah melalui proses panjang akhirnya kami bisa menciptakan software ERP untuk perusahaan manufaktur.

Tujuan utama dari software ERP manufaktur ini adalah untuk dapat mengetahui berapa biaya per unit barang yang dihasilkan karena menggunakan beberapa bahan baku dan sejumlah tenaga kerja langsung dan dari proses yang sering melebihi satu hari. Biaya per unit barang jadi terdiri dari bahan baku yang dan tenaga kerja langsung yang digunakan. Kemudian apabila ada barang jadi yang rusak, dengan menggunakan software ini bisa dilacak batch number bahan bakunya. Dengan demikian penggunaan software ini dapat mengetahui berapa keuntungan per unit masing-masing barang yang dihasilkan.

Penggunaan software ini akan memberikan informasi seberapa efisien penggunaan bahan baku dan tenaga kerja langsung. Penggunaan biaya standar/tafsiran dan dibandingkan dengan realisasinya dapat memberikan informasi seberapa efisiennya, kemudian juga pemakaian bahan baku dan tenaga kerja langsung dapat dibandingkan dengan periode2 sebelumnya.

Posisi jumlah dan harga pokok bahan baku, barang dalam proses dan barang jadi dapat diketahui setiap saat dengan menggunakan software ini. Konsep dan implementasi Cost Accounting atau akuntansi biaya diimplementasikan pada software ini. Jurnal2 akuntansi biaya ada dalam software ini. Semua tahap proses produksi di jurnal. Laporan Harga Pokok Produksi juga dihasilkan oleh software ini. Proses Penggajian dan dan pemakaian biaya tenaga kerja langsung juga dikelola oleh software ini. Bahan sisa proses produksi atau barang rusak dari hasil proses produksi juga terpantau oleh software ini.

Di samping mencakup proses produksi yang kompleks termasuk Cost Accounting nya, software ini juga mengelola pesangan pelanggan, pengiriman pesanan pelanggan, pembuatan faktur pelanggan, penagihan pelanggan, pembelian bahan baku adan pembantu, pelunasan bahan baku dan pembantu, transaksi kas/bank termasuk biaya2, pengelolaan aktiva tetap, pengelolaan tenaga kerja langsung dan proses menyediakan laporan keuangan termasuk jurnal, bukubesar, neraca, laporan labarugi dan laporan harga pokok produksi.

 

Untuk Video Demo juga kami sediakan.

 

Berikut adalah modul2 software manufaktur terintegrasi: